Ilustrasi Kopi
BERITAHOTS.COM - Sudah ngopi pagi ini? Kabar baik buat pencinta kopi. Biji kopi ternyata mengandung antioksidan baik yang bisa membunuh rakikal bebas yang ada di dalam tubuh. Inilah hasi riset terbaru di Australia.

Peneliti dari Monash University, Australia berkolaborasi dengan Illycafe, perusahaan kopu dari Italia. Mereka melakukan penelitia bagaimana radikal bebas da antioksidan berperilaku selama kopi diseduh, dari biji kopi hingga penyeduhan.

‘Penelitian kami mempelajari baik biji kopi Arabika dan apa yang terjadi pada radikal bebas dan antioksidan selama proses penyeduhan kopi berlangsung,’ demikian jelas kepala penelitian Gordon Troup dari Monas University.

P”enelitian ini memberikan pengertian lebih bail mengenai manfaat kesehatan dari kopi, jus pemahaman lebih bail tetang proses roasting. Terutama untuk mendapatkan kualitas kopi lebih bail.

Peneliti mengamati perilaku radikal bebas, molekul tak stablik yang mencari elektron untuk stabilitas. Hal ini yang diketahui menyebabkan kerusakan sel dan DNA pada tubuh manusia. Proses ini terjadi pada penyeduhan kopi.

Gordon Troup merupakan ilmuwan pertama yang menemukan radikal bebas pada kopi tahun 1998.

‘Tujuan utama peneltian ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih baik tentang perkembangan radikal bebas dalam proses roasting. Kami juga ingin membuktikan bahwa kopi mungkin bisa sebagai sumber kegiatan antioksidan,’tutur Luciano Navarini, kepala ahli kimiwa dari Illycafe.

(odi/odi)

Post a Comment

Powered by Blogger.