BERITAHOTS.COM - Tak ada yang namanya hidup mulus. Setiap orang pasti pernah mengalami masa kejatuhan, bahkan Bill Gates (orang terkaya didunia) sekalipun. Namun, dari setiap pengalaman buruk, secara tidak kita sadari kita selalu mendapatkan pengalaman berharga. Hmm, ternyata pengalaman buruk itu nggak buruk-buruk amat, kan?

1. Saat kamu sadar bahwa masa muda yang sulit membentukmu menjadi pribadi lebih baik
Orang yang masa mudanya selalu bersenang-senang dan tak ada tantangan akan memiliki mental sangat lemah saat dewasa. Dia tak kuat menghadapi tekanan yang ada. Sedangkan kalau kita sudah biasa susah ketika masih muda, kita menjadi lebih tahan terhadap tekanan dan mampu untuk bekerja keras.

2. Saat kamu sadar jika kamu tak gagal sebelumnya, kamu nggak akan pernah belajar dan mengerti inti dari persoalan

Kalau kamu nggak pernah mengalami kegagalan, kamu nggak akan tau metode apa yang paling pas untuk dirimu. Kamu juga nggak akan ngerti persoalan apa yang menghadang di depanmu. Setiap orang sukses pasti pernah gagal. Jadi jangan takut untuk gagal! Justru saat gagal, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu itu bisa dan kegagalan nggak bisa menghalangi jalanmu!

3. Saat kamu sadar bahwa perasaan sakit hati atau putus cinta mengubah hidupmu selamanya
Namanya saja baru pertama kali pacaran, tentu belum ada pengalaman. Saat kamu putus cinta, barulah kamu merasakan bagaimana rasanya untuk kali pertama. Hal ini bisa mengubah hidup dan cara pandangmu untuk selamanya. Kamu akan menghargai setiap orang lebih daripada biasanya, dan tahu apa arti cinta yang sebenarnya.

4. Saat kamu sadar bahwa pekerjaan impianmu itu ternyata bukan pekerjaan impianmu yang sebenarnya.
“Gue pengen jadi marketer!!” mungkin itu yang kamu katakan 10 tahun lalu. Sekarang? Bisa saja kamu berkata “Gue paling nggak mau jadi marketer!” kamu sadar bahwa passion kamu bukan di marketer. Mungkin saja ke hal lainnya, misalnya finance. Kalau kamu sadar bahwa ini bukan passion kamu, jangan ragu untuk melangkah keluar, oke?

5. Saat kamu sadar bahwa teman-teman terbaikmu ternyata bukan teman-teman terbaik
Disaat kamu sedang bersenang-senang dan dalam kondisi normal, setiap orang pasti mau dekat denganmu. Disaat kamu jatuh, barulah kamu bisa mengetahui siapa temanmu yang sebenarnya. Menyakitkan, memang. Namun setidaknya kamu mengetahui siapa yang benar-benar tulus berteman denganmu.

6. Saat kamu sadar bahwa tersesat dalam waktu yang lama adalah cara untuk menemukan jati dirimu yang sebenarnya

Kalau kamu terus-terusan berada di zona nyaman dan dilingkungan yang kamu kenal, kamu nggak akan pernah menemukan jati dirimu yang sejati. Jangan takut untuk tersesat, namun dalam arti yang positif, oke? Temukan jati dirimu yang sebenarnya!

7. Saat kamu sadar bahwa dunia sedang runtuh, namun kamu masih bisa tegak berdiri
Seberat-beratnya masalah yang kamu hadapi dalam hidup, kalau kamu terus berjuang dan berusaha untuk dirimu sendiri, kamu pasti bisa terselamatkan. Jangan pernah lelah untuk berjuang, karena kamu pasti bisa melewati segalanya. Coba renungkan berapa banyak cobaan yang sudah kamu lalui dalam hidup. Cobaan ini hanyalah satu diantara ratusan bahkan ribuan cobaan yang sudah kamu hadapi. Hidup memang nggak pernah mulus, jadi selalu bersemangatlah!!

Post a Comment

Powered by Blogger.